Cari Blog Ini

Senin, 12 Maret 2018

Kurikulum

Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukan di SD IT Jabal Noor menggunakan kurikulum terpadu (Integrated Cuririculum) antara Diknas dan Diniyah dengan pengembangan diantaranya:
  1. Konsep Pendidikan Islam terpadu, program ini memadukan antara konsep pendidikan Nasional dan Konsep pendidikan Islam baik dari metodologi maupun sistem pengajaran.
  2. Kurikulum 2006 atau KTSP ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan), merupakan kurikulum yang dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik dengan mengacu kepada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman kepada panduan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan)
  3. Muatan Lokal, mengembangkan kemampuan berbahasa asing dan pengenalan teknologi dasar serta pengenalan tekonologi informasi.
  4. Tahsin/Tartil Qur’an, Program ini mengajarkan kepada siswa menuju penguasaan membaca Al-Quran dengan baik dan Benar beserta membaca Al-Quran dengan irama.
  5. Tahfidz Qur’an, program ini merupakan program menghapal Al-Qur’an yang dilakukan setiap hari Senin-Jumat dengan durasi 120 Menit dengan target hafalan minimal 1 baris setiap harinya sehingga dapat mencapai hafalan sebanyak 3 juz dalam kurun waktu 6 tahun.
  6. Full Day School, Program ini bertujuan untuk mengkondisikan kegiatan keseharian siswa dengan lingkungan sekitarnya, baik kemampuan akademis maupun akhlaq keseharian siswa dalam berinteraksi dengan sesama maupun dengan lingkkungan sekitarnya.
Selain mendapatkan pelajaran bidang kurikuler siswa mendapatkan kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk siswa mengembangkan diri kearah terwujudnya siswa yang berakhlak Islami, Cerdas, Kreatif, Mandiri, dan mempunyai kepekaan sosial diantaranya:
  • Program Pengembangan Diri (Life Skill), program ini bertujuan untuk mengelola, mengembangkan serta memberdayakan kemampuan diri siswa melalui kegiatan Outbond Family Gathering, Perkemahan Satu Hari, dan Outing Class yang diadakan setiap semester. Selain itu untuk pengembangan emosional, spiritual dan sosial siswa dilakukan kegiatan pembinaan melalui Apel Pagi dengan membaca Asmaul Husna, Shalat Dhuha, Zuhur dan Ashar Berjamaah, Jumat Berinfaq serta Makan berjamaah.
  • Program Ekstrakurikuler lainnya, diantaranya Pramuka, Beladiri, Membaca, Menulis, Teather, Da'i Cilik, memanah, Bahasa Inggris, Asmaul Husna Aritmatika, Tahfidzul Quran, Tilawatil Quran dan Sains Club.
  • Program Penunjang, untuk mengukur keberhasilan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler SD IT Jabal Noor membuat kegiatan yang dinamakan Tallent Show dengan tujuan untuk menampilkan kreatifitas siswa dan membentuk keberanian tampil dimuka umum didalam diri siswa.

0 komentar:

Posting Komentar